Berbisnis Waralaba Murah
Seiring perkembangan dunia usaha dan inovasi sistem bisnis, sekarang banyak ditawarkan bisnis dengan sistem waralaba. Sebuah sistem bisnis yang memungkinkan seorang pemula di dunia bisnis bisa membuka usaha. Sistem bisnis model ini membantu pemula mengatasi semua kendala walaupun dengan keterbatasan pengalaman dan pengetahuan dasar dalam berbisnis.
Pengertian Waralaba
Waralaba dalam dunia bisnis terkenal dengan istilah "franchise", yaitu pemberian sebuah lisensi usaha oleh suatu pihak (perorangan maupun perusahaan) kepada pihak lain sebagai penerima waralaba.
Dengan kata lain, waralaba adalah pengaturan bisnis dengan sistem pemberian hak pemakaian nama dagang oleh pewaralaba kepada pihak independen atau terwaralaba untuk menjual produk atau jasa sesuai dengan standardisasi kesepakatan untuk membuka usaha dengan menggunakan merek dagang/ nama dagang dibawah bendera mereka. Pemberi waralaba biasa disebut pewaralaba dan penerima waralaba disebut terwaralaba.
Seseorang yang tertarik dengan peluang bisnis waralaba biasanya wajib membeli lisensi atau izin penggunaan nama yang disebut initial fee atau franchise fee.
Kelebihan Bisnis Waralaba
Beberapa kelebihan bisnis waralaba yang menjadi ukuran bahwa bisnis ini sangat diminati diantaranya :
Tips Memilih Waralaba
Ada beberapa kiat yang perlu Anda ketahui ketika hendak memilih waralaba :
Bila anda telah memutuskan bahwa waralaba adalah pilihan bisnis yang tepat untuk anda, salah satu keputusan pertama yang harus diambil adalah mengidentifikasi konsep usaha dan franchisor yang tepat bagi anda. Faktor-faktor yang harus dipertimbangakan adalah :
Kunci Sukses Waralaba
Beberapa poin penting yang harus dimiliki sebuah perusahaan/perorangan sebagai usaha waralaba untuk bisa berkompetisi :
a. Merupakan sebuah usaha yang sudah dijalankan minimal tiga tahun dan memiliki prototipe usaha yang terbukti sukses.
b. Memiliki tim manajemen yang kuat serta terdiri dari karyawan, manajer dan direktur.
c. Sebagai induk dari para terwaralaba, pewaralaba harus memiliki modal yang memadai untuk memulai dan mengembangkan program waralaba.
d. Memiliki identitas dagang yang khas, unik, berbeda dengan usaha sejenis lain dan harus dilindungi oleh hukum.
e. Ada Quality Control yang jelas di bidang administrasi.
f. Memiliki program pelatihan yang sistematis dan aplikatif bagi para terwaralaba.
g. Memiliki staf pendukung lapangan (franchise support) yang terlatih dan profesional.
h. Usaha barang/jasa yang ditawarkan memiliki pasar yang jelas.
i. Punya dokumentasi dan standardisasi pemilihan lokasi.
j. Mengetahui kompetitor lain.
k. Memiliki sistem pelaporan dan pencatatan yang efektif untuk menjaga kinerja franchisee dan memastikan bahwa royalty dilaporkan secara akurat dan dibayar tepat waktu.
l. Memiliki kemampuan dan fasilitas riset dan pengembangan produk dan jasa baru bagi konsumen secara kontinyu melalui jaringan waralaba.
sumber : Odop, Nistains. 2006. Berbisnis Waralaba Murah. Yogyakarta : Media Pressindo
Pengertian Waralaba
Waralaba dalam dunia bisnis terkenal dengan istilah "franchise", yaitu pemberian sebuah lisensi usaha oleh suatu pihak (perorangan maupun perusahaan) kepada pihak lain sebagai penerima waralaba.
Dengan kata lain, waralaba adalah pengaturan bisnis dengan sistem pemberian hak pemakaian nama dagang oleh pewaralaba kepada pihak independen atau terwaralaba untuk menjual produk atau jasa sesuai dengan standardisasi kesepakatan untuk membuka usaha dengan menggunakan merek dagang/ nama dagang dibawah bendera mereka. Pemberi waralaba biasa disebut pewaralaba dan penerima waralaba disebut terwaralaba.
Seseorang yang tertarik dengan peluang bisnis waralaba biasanya wajib membeli lisensi atau izin penggunaan nama yang disebut initial fee atau franchise fee.
Kelebihan Bisnis Waralaba
Beberapa kelebihan bisnis waralaba yang menjadi ukuran bahwa bisnis ini sangat diminati diantaranya :
- Risiko kerugian usaha lebih kecil
- Tidak dibutuhkan pengalaman khusus dari terwaralaba
- Memiliki hak usaha penuh
- Mendapat keuntungan dari program riset dan pengembangan yang dilakukan perusahaan
- Jaminan teritorial daerah bisnis
- Mendapat keuntungan dari promosi
Tips Memilih Waralaba
Ada beberapa kiat yang perlu Anda ketahui ketika hendak memilih waralaba :
- Dapatkan informasi lebih banyak mengenai perusahaan pewaralaba
- Lihat produk dan sistem pengembangan usahanya
- Pilih bisnis waralaba pada bidang yang Anda minati
- Pastikan bahwa pewaralaba telah mempunyai strategi pemasaran yang solid
Bila anda telah memutuskan bahwa waralaba adalah pilihan bisnis yang tepat untuk anda, salah satu keputusan pertama yang harus diambil adalah mengidentifikasi konsep usaha dan franchisor yang tepat bagi anda. Faktor-faktor yang harus dipertimbangakan adalah :
- Jenis pekerjaan
- Pelatihan/pendidikan khusus
- Jumlah karyawan
- Suplai produk
- Kerentanan terhadap fluktuasi ekonomi
- Syarat modal untuk memulai
- Tingkat pertumbuhan
- Tingkat keuntungan dan kondisi keuangan
- Cakupan jaringan waralaba
- Bantuan pemilihan lokasi
- Pelatihan usaha dan karyawan
- Dukungan operasional yang berkesinambungan
Kunci Sukses Waralaba
Beberapa poin penting yang harus dimiliki sebuah perusahaan/perorangan sebagai usaha waralaba untuk bisa berkompetisi :
a. Merupakan sebuah usaha yang sudah dijalankan minimal tiga tahun dan memiliki prototipe usaha yang terbukti sukses.
b. Memiliki tim manajemen yang kuat serta terdiri dari karyawan, manajer dan direktur.
c. Sebagai induk dari para terwaralaba, pewaralaba harus memiliki modal yang memadai untuk memulai dan mengembangkan program waralaba.
d. Memiliki identitas dagang yang khas, unik, berbeda dengan usaha sejenis lain dan harus dilindungi oleh hukum.
e. Ada Quality Control yang jelas di bidang administrasi.
f. Memiliki program pelatihan yang sistematis dan aplikatif bagi para terwaralaba.
g. Memiliki staf pendukung lapangan (franchise support) yang terlatih dan profesional.
h. Usaha barang/jasa yang ditawarkan memiliki pasar yang jelas.
i. Punya dokumentasi dan standardisasi pemilihan lokasi.
j. Mengetahui kompetitor lain.
k. Memiliki sistem pelaporan dan pencatatan yang efektif untuk menjaga kinerja franchisee dan memastikan bahwa royalty dilaporkan secara akurat dan dibayar tepat waktu.
l. Memiliki kemampuan dan fasilitas riset dan pengembangan produk dan jasa baru bagi konsumen secara kontinyu melalui jaringan waralaba.
sumber : Odop, Nistains. 2006. Berbisnis Waralaba Murah. Yogyakarta : Media Pressindo
Komentar
Posting Komentar