Membuat E-KTP

Kemarin sore aku bersama dengan ayah dan ibuku membuat e-KTP di kantor Kecamatan Ngawi. Berangkat dari rumah jam setengah lima sore dan sesampainya disana sudah banyak orang yang antre membuat e-KTP.

Aku sepulang dari kampus jam empat seperempat . Sampai di rumah sebentar lalu langsung berangkat bersama ayah dan ibuku ke kantor kecamatan. Walaupun aku masih keringetan tetapi langsung saja berangkat tanpa mandi dulu. Tidak apalah yang penting badan masih bersih dan wangi walaupun sedikit.

Sampai di kantor kecamatan, ayahku langsung memberikan surat undangannya dan mengambil nomor antrean. Ayah dan ibuku masing-masing mendapat nomor antrean 84, 85, dan aku 86.

Pembuatan e-KTP mulai jam 8 pagi sampai dengan 8 malam itu diikuti seluruh warga kampungku dan ditambah dengan kampung tetangga yang masih satu desaku. Karena yang membuat jumlahnya banyak maka antreannya bertambah panjang.

Sampai Maghrib pun aku belum dapat giliran. Karena belum dapat giliran, sehabis Maghrib aku, ayahku, dan ibuku makan mie ayam ceker saja di dekat kantor kecamatan untuk menghilangkan rasa lapar sambil menunggu giliran.

Baru jam setengah tujuh kami baru dapat giliran. Akhirnya aku dapat giliran setelah menunggu dari jam setengah lima sore tadi. Memang perlu kesabaran.

Ternyata membuat e-KTP sangatlah mudah. Pembuatan e-KTP tidak dipungut biaya alias gratis. Jadi, jangan sampai tertipu ya! Di undangannya tertulis pembuatan e-KTP tidak dipungut biaya.

Proses pembuatan e-KTP mulai dari foto diri. Setelah itu tanda tangan. Kemudian cap jari-jari tangan. Tidak hanya jempol saja yang dicap, tetapi semua jari tangan baik kiri maupun kanan. Setelah itu scan iris mata. Matanya disuruh melotot, kalau belum melotot disuruh mengulanginya lagi. Sebelumnya aku agak takut dengan scan itu. Tetapi setelah dicoba enak juga ternyata. Tidak menakutkan kok, tenang saja. Setelah itu cap jari lagi. Kemudian tanda tangan lagi. Setelah itu selesai deh proses pembuatan e-KTPnya. Semuanya itu dilakukan dengan alat yang serba canggih. Ya iyalah, namanya juga KTP elektronik.

Akhirnya selesai deh pembuatan e-KTPnya. Ternyata mudah dan tidak sesulit seperti yang aku kira. Akhirnya kami pulang jam tujuh kurang seperempat.



Keterangan :
Tulisan tersebut diatas adalah hanya ceritaku membuat e-KTP kemarin.
Untuk mengetahui informasi tentang e-KTP secara jelas kunjungi : http://www.e-ktp.com/

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESENSI FILM - NAGABONAR JADI 2

Pohon Gmelina dan Sengon