Nanti Ujian Tengah Semester lho!

Minggu ini adalah ujian tengah semester (UTS) di kampusku. Bagiku ini adalah ujian tengah semester III. Seluruh mahasiswa belajar dalam menghadapi UTS. Tetapi ada pula yang tidak. Ada mahasiswa yang mempersiapkan ujian secara matang. Ada yang mempersiapkan ujian menjelang hari H yaitu secara mendadak. Ada pula yang lebih (maaf) yang tidak pernah mempersiapkan ujian sama sekali. Waw..., "hebat"nya mahasiswa yang bertipe seperti yang terakhir itu.

Mahasiswa yang tidak mempersiapkan ujian sama sekali kita lihat dari segi positifnya dan jangan berprasangka buruk dahulu kepada mereka. Mungkin mereka mempunyai pekerjaan yang padat. Mahasiswa yang seperti itu biasanya adalah mahasiswa yang mandiri. Karena apa? Mereka membiayai kuliahnya sendiri dengan hasil jerih payah sendiri. Memang ada temanku yang bekerja untuk membiayai kuliahnya sendiri. Atau mungkin mereka sudah menguasai materi kuliah secara mendalam. Mengingat di kampus terdapat mahasiswa-mahasiswa transfer. Mereka mungkin sudah paham betul materi apa yang sedang diujikan.

Kalau yang ini merupakan mahasiswa yang dalam menghadapi ujian mereka belajar ketika menghadapi ujian tersebut berlangsung. Malamnya belajar, besoknya ujian. Mereka belajar semalam suntuk alias wayangan. Pernahkan melihat wayang? Mereka tidak pernah atau jarang belajar pada saat tidak ada ujian. Mereka biasanya kurang disiplin. Sikap belajar seperti itu harus dihindari karena tidak efektif. Materi yang dipelajari kadang cepat hilang karena hanya belajar sekali itu. Maka dari itu sebaiknya kita sebagai mahasiswa menghindari cara belajar yang seperti itu jika ingin berprestasi.

Ini nih mahasiswa yang perlu kita jadikan teladan. Mahasiswa yang mempersiapkan ujian secara matang layak diacungi jempol. Mahasiswa yang seperti mereka biasanya sangat disiplin. Lebih-lebih mereka rutin belajar setiap hari. Setiap habis kuliah mereka mengulangi dan mempelajari materi kuliah yang disampaikan dosen tersebut. Mahasiswa yang seperti mereka biasanya anak yang berprestasi dalam bidang akademik kuliah. Tidak banyak mahasiswa yang seperti itu alias langka. Merekalah generasi terbaik bangsa.

Kembali kepada diri kita masing-masing, bagaimana cara kita belajar dalam menghadapi ujian. Entah itu ujian tengah semester ataukah ujian semester. Tapi jangan tanyakan kepada penulis blog ini lho ya! Lha wong nulisnya blog ini saja pada saat ujian tengah semester. Nanti setelah ini aku ujian lho. Hehehe. . .!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESENSI FILM - NAGABONAR JADI 2

Pohon Gmelina dan Sengon