Menikmati Wisata di Yogyakarta

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 8 Januari 2012 saya beserta dengan teman-teman karang taruna mengadakan tur ke Yogyakarta. Setelah sekian lama saya belum menceritakan pengalaman tur karena saya sempat sakit dan di kampus saya telah digelar ujian semester ganjil. Alhamdulillah, baru sekarang ini saya bisa menceritakannya.

Tur diadakan satu minggu setelah tahun baru. Kalau tepat di tahun baru katanya pengunjungnya ramai sekali. Jadi, tur diadakan satu minggu setelah tahun baru agar tidak terlalu ramai. Untuk biayanya diperoleh dari tabungan masing-masing anggota pada waktu arisan karang taruna yang diadakan setiap bulan sekali. Sedikit demi sedikit akhirnya uangnya bisa untuk tur.

Tur itu diikuti oleh kurang lebih 30 orang. Dengan bus mini, kami mengunjungi tiga tempat di Yogyakarta yaitu Imogiri, Parangtritis, dan Malioboro. Dijamin seru. Nah, berikut ini ceritanya :


1. Imogiri

sumber gambar : lintasberita.com



Pertama kali kami mengunjungi taman wisata Imogiri. Imogiri adalah tempat makam raja-raja Jawa. Imogiri terletak di pegunungan Gunung Kidul Yogyakarta, tepatnya di Dusun Pajimatan, Desa Girirejo, Kecamatan Imogiri, Bantul Yogyakarta.

Imogiri menyimpan panorama alam yang indah. Di sini anda dapat menikmati pemandangan Gunung Kidul yang sedap dipandang mata. Alam lingkungan yang masih tetap terjaga menjadikan udara sejuk dan asri. Di kiri kanan anda dapat dijumpai hutan yang hijau dengan ditemani kicauan burung-burung.

Saya dan Pak lik saya di Imogiri

Makam Imogiri letaknya di atas bukit. Untuk mencapai ke sana, anda harus menaiki tangga yang berjumlah kurang lebih 409 tangga. Bisa dibayangkan rasa capeknya. Tetapi rasa capek itu bisa hilang jika kita berhasil sampai ke atas makam Imogiri.

Di kiri - kanan tangga saya menjumpai beberapa makam. Tetapi itu bukan makam raja-raja Mataram Jawa. Sedangkan makam raja-raja Mataram Jawa tepatnya terletak di atas bukit dan bukan di lereng bukit.

Untuk memasuki kompleks makam raja-raja, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Salah satunya yaitu harus memakai pakaian adat khas Jawa.


Pengalaman saya ketika di Imogiri, saya belum sempat berziarah di makam raja-raja Jawa. Saya hanya sampai di bangsal, di bawah makam raja-raja Jawa. Tidak apa-apalah, meski begitu tur tetap menyenangkan. Hehehe. . .


Untuk lebih lengkapnya mengenai makam Imogiri, anda bisa klik disini.


2. Parangtritis

sumber gambar : www.gamawisata.com


Setelah dari Imogiri, kami melanjutkan tur ke pantai Parangtritis. Pantai Parangtritis terletak di selatan Pulau Jawa, di Bantul, DI Yogyakarta. Untuk mencapai lokasi sangat mudah dengan kendaraan anda. Siapa sih yang tak kenal dengan tempat wisata yang satu ini?

Pantai Parangtritis sangat indah sekali dengan pemandangan pasir putih di tepi pantai. Laut dengan ombaknya yang bergulung-gulung membuat mata tak bosan memandang. Angin yang sepoi-sepoi menyegarkan pikiran.

Sesampai di sana cuaca sedang mendung. Meski begitu tetap menyenangkan liburan di sini.  Saya dan beberapa temanku sempat berenang-renang di tepi pantai. Saya juga sempat bermain sepakbola dengan mereka. Pokoknya seru bermain-main di sana.

Untuk lebih jelasnya mengenai pantai Parngtritis, anda bisa klik disini.


3. Malioboro



Setelah dari Parangtritis, kami melanjutkan wisata kami ke Malioboro. Malioboro adalah nama sebuah jalan di Yogyakarta. Tepatnya terletak di Jalan Malioboro, kota Yogyakarta. Akses jalan ke sini sangat mudah dijangkau.

Wisata Malioboro menyajikan keindahan panorama kota Yogyakarta. Bisa dibilang ini merupakan wisata kota. Di sini anda dapat berjalan-jalan menikmati kota Jogja. Di sini bisa anda jumpai banyak pedagang yang berjualan macam-macam barang khas dan makanan khas Yogyakarta. Pasar tradisional dan modern pun ada di sini. Pasar Beringharjo yang merupakan pasar tradisional Jogja masih terawat dengan baik. Sayangnya saya tidak masuk ke dalam pasar Beringharjo.

Di Malioboro juga ada pasar modern seperti Mall. Di sini ada beberapa Mall besar yang menghiasi Malioboro. Saya juga sempat memasuki Mall di sana pertama kali. Ketika masuk Mall, ada pengalaman saya yang tak mudah untuk dilupakan. Saya baru pertama kali naik lift lho. Agak gimana gitu rasanya ketika naik lift untuk yang pertama kalinya. Seru pokoknya.

Untuk lebih jelasnya mengenai Malioboro, anda bisa klik disini.



Sekian dulu cerita saya tur ke Jogja. Semoga saya bisa kembali lagi jalan-jalan ke Jogja. Amiin. Nah, Jika anda tertarik, silahkan berjalan-jalan ke Yogyakarta. Dijamin anda puas. Hehehe. . .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RESENSI FILM - NAGABONAR JADI 2

Pohon Gmelina dan Sengon